DOMAIN AFEKTIF RESPONDING DAN DOMAIN PSIKOMOTORIK MANIPULASI
DOMAIN AFEKTIF RESPONDING DAN DOMAIN
PSIKOMOTORIK MANIPULASI
A.
AFEKTIF
RESPONDING
Responding
(menanggapi) mengandung arti “adanya partisipasi aktif”. Jadi kemampuan
menanggapi adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk mengikut
sertakan dirinya secara aktif dalam fenomena tertentu dan membuat reaksi
terhadapnya salah satu cara. Jenjang ini lebih tinggi daripada jenjang receiving. Contoh hasil belajar ranah
afektif responding adalah peserta didik tumbuh hasratnya untuk mempelajarinya
lebih jauh atau menggali lebih dalam lagi.
1. Acquiescence in responding (persetujuan untuk menjawab)
Terdapat
suatu perilaku yang pasif dan stimulus yang memancing perilaku ini sulit untuk
diterima atau digambarkan. Terdapat lebih banyak unsur reaksi terhadap sebuah
gagasan dan lebih sedikit implikasi dari penolakan atau keterpaksaan (yielding unwillingly)
Pembelajar
cukup berkomitmen untuk menunjukkan perilaku bahwa ia bersedia untuk merespon
bukan karena takut akan hukuman, namun karena “dirinya sendiri” atau secara
sukarela. Unsur penolakan atau keterpaksaan (yielding unwillingly) yang ada pada tingkat sebelumnya, kini
digantikan oleh persetujuan yang berasal dari pilihan pribadi seseorang.
3. Satisfaction
in respond (kepuasaan dalam menjawab) aspek afektif: minat, sikap,
apresiasi, nilai dan penyesuaian.
Unsur
tambahan pada langkah yang melampaui tingkat respon secara sukarela adalah
bahwa perilaku yang tampak disertai dengan rasa puas, suatu respon emosional
yang umumnya menunjukkan rasa senang, kegembiraan atau suka cita.
Pada tahap ini siswa sudah
memberikan respon terhadap sebuah fenomena. Respon ini tidak hanya
memperhatikan sebuah fenomena tetapi siwa sudah memiliki motivasi yang cukup
terhadap fenomena. Dalam kegiatan belajar mengajar terlihat adanya kemauan
siswa untuk menjawab pertanyaan guru atau kepuasan dalam menjawab (misalnya
membaca buku untuk kegembiraan). Jadi dalam tahap ini bertalian dengan
partisipasi siswa dalam sebuah fenomena.
RUBRIK AFEKTIF RESPONDING
Kelas : IV
Materi : Perubahan wujud benda
No
|
7
|
6
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
1
|
Siswa dapat
menanggapi perubahan benda
|
|||||||
2
|
Siswa antusias
dalam melakukan percobaan
|
|||||||
3
|
Siswa dapat
mempresentasikan hasil percobaan
|
|||||||
4
|
Siswa dapat
melakukan percobaan yang berikutnya
|
B.
PSIKOMOTORIK
MANIPULASI
Manipulasi
adalah melakukan gerakan berbeda dengan yang diajarkan. Manipulasi menekankan
perkembangan kemampuan mengikuti pengarahan, penampilan, gerakan-gerakan
pilihan yang menetapkan suatu penampilan melalui latihan. Pada tingkat ini
siswa menampilkan sesuatu menurut petunjuk-petunjuk tidak hanya meniru tingkah
laku saja. Contoh: peserta didik
melakukan gerakan menendang bola dengan gaya sendiri, tidak lagi persis yang
dicontohkan
RUBRIK
PSIKOMOTORIK MANIPULASI
No
|
7
|
6
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
1
|
Siswa melakukan percobaan dengan bahan yang
lain
|
|||||||
2
|
Siswa membuktikan tentang perubahan wujud
bendaa
|
|||||||
3
|
Siswa melakukan percobaan pembuatan garam
|
Komentar
Posting Komentar