DOMAIN AFEKTIF RESPONDING DAN DOMAIN PSIKOMOTORIK MANIPULASI



DOMAIN AFEKTIF RESPONDING DAN DOMAIN
PSIKOMOTORIK MANIPULASI


A.                AFEKTIF RESPONDING
            Responding (menanggapi) mengandung arti “adanya partisipasi aktif”. Jadi kemampuan menanggapi adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk mengikut sertakan dirinya secara aktif dalam fenomena tertentu dan membuat reaksi terhadapnya salah satu cara. Jenjang ini lebih tinggi daripada jenjang receiving. Contoh hasil belajar ranah afektif responding adalah peserta didik tumbuh hasratnya untuk mempelajarinya lebih jauh atau menggali lebih dalam lagi.

Tingkatan responding terdiri dari: 
1.   Acquiescence in responding (persetujuan untuk menjawab)

      Terdapat suatu perilaku yang pasif dan stimulus yang memancing perilaku ini sulit untuk diterima atau digambarkan. Terdapat lebih banyak unsur reaksi terhadap sebuah gagasan dan lebih sedikit implikasi dari penolakan atau keterpaksaan (yielding unwillingly)

2. Willingness to respond (kemampuan untuk menjawab)

Pembelajar cukup berkomitmen untuk menunjukkan perilaku bahwa ia bersedia untuk merespon bukan karena takut akan hukuman, namun karena “dirinya sendiri” atau secara sukarela. Unsur penolakan atau keterpaksaan (yielding unwillingly) yang ada pada tingkat sebelumnya, kini digantikan oleh persetujuan yang berasal dari pilihan pribadi seseorang.

3. Satisfaction in respond (kepuasaan dalam menjawab) aspek afektif: minat, sikap, apresiasi, nilai dan penyesuaian.
Unsur tambahan pada langkah yang melampaui tingkat respon secara sukarela adalah bahwa perilaku yang tampak disertai dengan rasa puas, suatu respon emosional yang umumnya menunjukkan rasa senang, kegembiraan atau suka cita.

            Pada tahap ini siswa sudah memberikan respon terhadap sebuah fenomena. Respon ini tidak hanya memperhatikan sebuah fenomena tetapi siwa sudah memiliki motivasi yang cukup terhadap fenomena. Dalam kegiatan belajar mengajar terlihat adanya kemauan siswa untuk menjawab pertanyaan guru atau kepuasan dalam menjawab (misalnya membaca buku untuk kegembiraan). Jadi dalam tahap ini bertalian dengan partisipasi siswa dalam sebuah fenomena.

RUBRIK AFEKTIF RESPONDING
Kelas   : IV
Materi  : Perubahan wujud benda
No

7
6
5
4
3
2
1
1
Siswa dapat menanggapi perubahan benda







2
Siswa antusias dalam melakukan percobaan







3
Siswa dapat mempresentasikan hasil percobaan







4
Siswa dapat melakukan percobaan yang berikutnya









B.                 PSIKOMOTORIK  MANIPULASI
            Manipulasi adalah melakukan gerakan berbeda dengan yang diajarkan. Manipulasi menekankan perkembangan kemampuan mengikuti pengarahan, penampilan, gerakan-gerakan pilihan yang menetapkan suatu penampilan melalui latihan. Pada tingkat ini siswa menampilkan sesuatu menurut petunjuk-petunjuk tidak hanya meniru tingkah laku saja. Contoh: peserta didik melakukan gerakan menendang bola dengan gaya sendiri, tidak lagi persis yang dicontohkan

RUBRIK PSIKOMOTORIK MANIPULASI
No

7
6
5
4
3
2
1
1
Siswa melakukan percobaan dengan bahan yang lain







2
Siswa membuktikan tentang perubahan wujud bendaa







3
Siswa melakukan percobaan pembuatan garam









Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK PENILAIAN PENGETAHUAN MELALUI TES LISAN

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN